Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar turun karena optimisme vaksin, cakrawala politik AS yang lebih jelas, sementara pelaku pasar pada perdagangan hari Senin (16/11/2020 ) ini masih perlu mencermati perkembangan Brexit.

Suasana pasar optimis menjelang berita vaksin Moderna dan AS tampaknya bergerak maju dari pemilihan. Kesepakatan perdagangan Asia yang luas dan data Chinse yang optimis juga meningkatkan momen tersebut. Pembicaraan Brexit mencapai momen genting lainnya sementara perdana menteri berada dalam isolasi lagi.

Pasar berfokus pada harapan bahwa Moderna bergabung dengan Pfizer dan mengumumkan hasil yang positif dalam vaksin COVID-19. Optimisme meningkatkan saham sementara dolar turun secara keseluruhan. AstraZeneca dan Johnson & Johnson juga melakukan tes tahap akhir.

Investor tampaknya mengabaikan kekhawatiran tentang penyebaran penyakit di belahan bumi utara, dan terutama di AS. Rumah sakit di beberapa negara bagian telah mencapai kapasitasnya.

Sentimen politik AS: Presiden terpilih Joe Biden mengklarifikasi bahwa dia tidak berniat untuk memaksakan penutupan nasional saat dia bersiap untuk menjabat. Demokrat akan mengumumkan peran tambahan dalam pemerintahannya, termasuk Menteri Keuangan.

Presiden Donald Trump tampaknya mengakui kemenangan Biden sebelum mundur. Penghitungan ulang di Georgia akan berakhir dalam beberapa hari ke depan dan sepertinya tidak akan mengubah hasilnya. Anggota Partai Republik senior lainnya telah mendesaknya untuk memungkinkan transisi yang lebih mulus dan pasar difokuskan pada perlombaan putaran kedua yang akan menentukan kendali Senat.

Produksi industri Cina mengalahkan perkiraan dengan kenaikan tahunan 6,9% di bulan Oktober, sementara Penjualan Ritel mengecewakan dengan 4,3%. China, Jepang, dan 13 negara Asia-Pasifik lainnya menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang secara bertahap menghilangkan hambatan perdagangan.

Sementara Perdana Menteri Boris Johnson diisolasi setelah melakukan kontak dengan anggota parlemen yang dites positif terkena virus corona. PM telah melaporkan tidak ada gejala dan terus bekerja.

Negosiasi Brexit berlanjut dan kedua belah pihak bertujuan untuk mencapai kesepakatan pada hari Kamis ketika para pemimpin Uni Eropa bertemu. Beberapa mengharapkan kemajuan setelah pemilihan Biden dan kepergian Dominic Cummings, penasihat senior Johnson yang merupakan arsitek kampanye Vote Leave.

Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa, dan Richard Clarida, Wakil Gubernur Federal Reserve, akan memberikan pernyataan pada hari ini.

Harga emas telah naik lebih tinggi, tetapi XAUUSD masih diperdagangkan di bawah level $ 1.900.