Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas berakhir lebih rendah pada perdagangan Senin (07/10/2019) di bursa komoditi AS. Para investor memilih untuk mengamankan diri dan menunggu perkembangan dalam perundingan AS – China pada pekan ini.

Para pejabat AS dan Cina, termasuk Wakil Perdana Menteri Liu He, diperkirakan akan memulai kembali diskusi perdagangan pada 10-11 Oktober. Namun, laporan selama akhir pekan menunjukkan bahwa delegasi Beijing mungkin bertujuan untuk menawarkan resolusi perdagangan yang lebih sempit daripada yang diharapkan oleh pemerintahan Trump.

Sejuah ini memang tidak ada sinyal positif, namun pelaku pasar memilih untuk menunggu dan melihat untuk pembicaraan ini. Jika perundingan ini menghasilkan kesepakatan parsial atau sesuatu yang positif, diyakini harga emas akan turun dan mencoba untuk menembus harga psikologis di level $ 1.500, yang sangat akrab dan nyaman bagi emas.

Dengan kegelisahan ini, harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Desember pada bursa Comex turun $ 8,50, atau 0,6%, untuk menetap di $ 1,504,40 per ounce. Harga untuk kontrak paling aktif naik tipis pada hari Jumat, tetapi mencatat kenaikan mingguan sebesar 0,4%, menurut data FactSet.