Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Tingkat pengangguran Korea Selatan mencapai level terendah dalam enam tahun terakhir ini dibulan Agustus kemarin. Kenaikan lapangan kerja mengalami peningkatan paling tinggi dalam 29 bulan, demikian menurut pemerintah Korea Selatan pada Rabu (11/09/2019).

Tingkat pengangguran turun 1 poin persentase pada tahun ke 3 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, juga menandai level terendah untuk Agustus sejak 2013. Jumlah orang yang dipekerjakan mencapai 27,3 juta pada Agustus, naik 452.000 dari bulan yang sama pada 2018, menurut data yang dikumpulkan oleh Statistik Korea.

Jumlah pekerjaan yang ditambahkan adalah yang terbesar sejak Maret 2017 sebagian disebabkan oleh lambatnya penurunan jumlah yang dipekerjakan di sektor manufaktur, kata Jeong Dong-wook, direktur divisi statistik ketenagakerjaan Statistik Korea.

Sektor manufaktur, yang selama ini menjadi tulang punggung utama ekonomi Korea Selatan harus kehilangan 24.000 pekerjaan pada Agustus, dibandingkan dengan penurunan 94.000 pekerjaan pada Juli karena industri mobil dan pembuatan kapal sedang dalam pemulihan menyusul gelombang restrukturisasi.

Hong Nam-ki, menteri ekonomi dan keuangan, mengatakan bahwa data pekerjaan yang ditingkatkan “sangat menggembirakan” dan bahwa pemerintah akan melakukan upaya untuk memastikan bahwa tren dapat terus berlanjut.

Badan Statistik Korea Selatan mengatakan jumlah penganggur mencapai 858.000 pada Agustus, level terendah sejak Agustus 2013, ketika jumlah yang sebanding adalah 783.000. Tingkat pengangguran untuk orang dewasa muda – mereka yang berusia antara 15 dan 29 – turun menjadi 7,2 persen bulan lalu dari 10 persen pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan industri, sektor kesehatan dan kesejahteraan sosial menambah 174.000 pekerjaan, dan segmen layanan terkait budaya, olahraga, dan rekreasi menyaksikan peningkatan 83.000 pekerjaan bulan lalu. Sebaliknya, sektor grosir dan eceran mengalami penurunan penawaran pekerjaan dengan kehilangan 53.000 pekerjaan pada bulan Agustus. (Lukman Hqeem)