Penjual kaos bertuliskan menerima pembayaran Bitcoin

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Harga Bitcoin naik pada perdagangan di hari Selasa, pulih dari aksi jual yang membawa mata uang digital ini jatuh ke level harga $ 3.800. Pada perdagangan di bursa Kraken, BTCUSD diperdagangkan pada $ 3,864.10, naik 0,3%.

Perdagangan masih kesulitan menembus harga $ 4K, dan saat ini jelas tidak memiliki katalis positif untuk mengatasi ambang ini. Seperti yang sering terjadi di bidang keuangan, apa yang tidak naik, tentu akan turun.

Secara teknis, bitcoin masih terjebak di antara level resistensi di $ 4.000 dan harga rata-rata dalam 50-hari yang merupakan level support. Dalam kisaran perdagangan selama hampir sebulan lalu dimana level resistensi menjadi level support. Saat ini, level $ 3.657 akan menjadi batasan krusial dimana Bitcoin berpeluang terjun bebas kembali jika ditembus.

Sementara itu, raksasa peralatan penambangan Cryptocurrency, Canaan Creative, telah menyelesaikan siklus pendanaan yang “bernilai ratusan juta dolar,” sebagaimana dilaporkan Securities Times. Menurut Securities Times, pembuat tambang yang berbasis di China sekarang dihargai dalam kisaran “miliaran dolar”.

Dalam perdagangan Altcoin, yang terdiri dari 2.000 atau lebih cryptocurrency selain bitcoin, sebagian besar juga berakhir naik dalam perdagangan di hari Selasa. Dimana Ether, tidak berubah pada $ 131,90, Litecoin naik 3,2% menjadi $ 55,96, Bitcoin Cash naik 0,5% menjadi $ 127,90 dan Ripple turun 0,1% menjadi 31 sen.

Sementara Bitcoin dalam perdagangan di bursa berjangka menambah keuntungan secara moderat pada hari Selasa. Kontrak bulan Maret di Cboe Global Markets naik 0,4% menjadi $ 3,860, sedangkan kontrak bulan Maret di CME Group naik 0,3% menjadi 3,845. (Lukman Hqeem)