Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Bursa saham Seoul diperdagangkan lebih tinggi pada akhir Rabu pagi karena investor menunggu langkah-langkah stimulus dari Bank Sentral Eropa minggu ini.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) naik 8,67 poin, atau 0,43 persen, menjadi 2,040,75, pada Rabu (11/09/2019) pagi.

Sentimen investor juga didorong oleh laporan bahwa China berusaha untuk membeli lebih banyak produk pertanian dari Amerika Serikat di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara kedua negara.

Pengilang diperdagangkan lebih tinggi, dengan pemimpin industri SK Innovation naik 0,9 persen dan pemain No. 3 S-Oil naik 1,64 persen.

Gembong pasar Samsung Electronics naik 0,32 persen, sementara pembuat chip No. 2 SK hynix turun 1,2 persen. LG Display naik 2,11 persen.

Pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor tetap tidak berubah, sementara Hyundai Mobil turun 1,41 persen. Kia Motors naik 0,81 persen.

Won Korea diperdagangkan pada 1,192.70 menang melawan dolar AS, naik 0,60 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Pasar saham Korea Selatan akan ditutup Kamis dan Jumat untuk liburan Chuseok, perayaan panen musim gugur Korea. (Lukman Hqeem)