Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Federal Reserve “secara efektif berhenti untuk sementara waktu,” kata Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari pada hari Senin (04/11/2019). Dalam sebuah wawancara di CNBC, Kashkari mengatakan dia senang dengan tiga pemotongan suku bunga tahun ini.

Kashkari, yang bukan anggota pemungutan suara tahun ini, dan merupakan salah satu presiden Fed regional yang paling dovish, mengatakan ia ingin Fed berkomitmen untuk tidak menaikkan suku bunga acuan sampai inflasi inti kembali ke tingkat pertumbuhan tahunan 2%. Ekspektasi inflasi “tampaknya melayang lebih rendah dan lebih rendah,” dan itu “memprihatinkan,” katanya.

“Kami tidak ingin mengikuti Eropa dan Jepang dan membiarkan inflasi tidak turun karena alat kami akan sangat terbatas,” katanya. Barometer inflasi pilihan Fed, yang dikenal sebagai PCE, atau indeks pengeluaran konsumsi pribadi, naik pada tingkat tahunan 1,7% pada bulan September. (Lukman Hqeem)