Dolar AS siap pertahankan kenaikannya dalam minggu ini.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Pada perdagangan di hari Selasa (02/04), Dolar AS memperoleh kembali kekuatan atas aksi risk appetite yang dilakukan investor di tengah mendinginnya selera mereka untuk memilih saham dan aset lain yang dianggap lebeih berisiko paska kenaikan yang dilakukan pada perdagangan di hari Senin. Indeks Dolar AS terakhir naik 0,1% pada 97,361.

Selera risiko Senin telah didorong oleh data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan dari China, yang mendorong saham global dan mata uang dianggap lebih berisiko, seperti pasar negara berkembang, lebih tinggi.

Kalender ekonomi AS ringan untuk hari Selasa. Pesanan barang tahan lama Februari dikontrak 1,6%, kurang dari yang diharapkan, sementara pesanan pengeluaran modal inti untuk bulan yang sama turun 0,1%.

Nafsu memilih aset berisiko menurun, membuat dolar Australia dalam perdagangan AUDUSD melemah. Aussie, terdesak dengan latar belakang data ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan, termasuk lompatan persetujuan bangunan sebesar 19,1%, di mana kontraksi 3,5% diharapkan. Disisi lainnya, pihak Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga tidak berubah selama pertemuan bulan April. Mata uang Australia terakhir dibeli $ 0,7063, turun 0,7%.

Di Inggris, Perdana Menteri Theresa May mengatakan lebih lanjut, penundaan singkat untuk Brexit diperlukan untuk memastikan Inggris meninggalkan Uni Eropa dengan kesepakatan. Dia juga mengatakan dia terbuka untuk duduk bersama pemimpin Partai Buruh oposisi Jeremy Corbyn untuk menemukan opsi untuk hubungan masa depan antara London dan Brussels. Hal ini menyebabkan pound Inggris GBPUSD, + 0,0838% untuk menelusuri kembali kerugian sebelumnya. Sterling membeli terakhir $ 1,3114, naik 0,1%.

Pada hari Senin, Parlemen kembali memberikan suara pada rencana Brexit alternatif, dan tidak ada opsi yang berhasil mendapatkan mayoritas. Proposal serikat pabean datang paling dekat, jatuh tiga suara malu-malu.

Euro dalam perdagangan EURUSD, terkena risiko Brexit juga berjuang dengan masalah pertumbuhan ekonomi sendiri, menghabiskan sesi hari Selasa di wilayah negatif. Terakhir diambil $ 1,1198, dibandingkan dengan $ 1,1216. (Lukman Hqeem)